abdillahmt.com_tescpnsTidak berapa lama lagi mungkin akan dibuka kembali penerimaan CPNS. Waktu yang mungkin ditunggu-tunggu oleh banyak orang se-Indonesia. Masuk PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah idaman kebanyakan orang. Hal ini terlihat dari membludaknya para pelamar CPNS untuk mengikuti ujian CPNS. Karena perbandingan antara pelamar dan formasi yang tidak seimbang, maka banyak juga dari peserta yang kecewa karena gagal dalam tes CPNS.

Dari kegagalan tersebut, banyak yang beranggapan bahwa untuk dapat mengerjakan soal ujian cpns sangat sulit. Selain banyaknya persaingan, soal yang diujikan juga jarang dipelajari oleh peserta tes CPNS. Namun demikian bukan berarti kita tidak bisa sukses saat menghadapi soal ujian CPNS. Asal kita tahu tips dan trik lulus test CPNS, maka insya ALLAH kita dapat melaluinya dengan hasil yang baik.

Setelah beberapa waktu yang lalu Catatan Abdillah share tentang cara pembuatan paspor, kali ini akan share tips dan trik dalam mengikuti tes CPNS yang pernah diikuti dan Alhamdulillah lulus dalam mengerjakan soal ujian CPNS.

  1. Niat yang lurus. 
    Baca BasmaLLAH dimulai saat mencari dan mendaftar lowongan kerja PNS. Tentukan tujuan dan niat yang lurus agar saat jadi PNS dapat mengabdi dengan baik. HILANGKAN PRASANGKA BURUK terkait tentang proses penerimaan CPNS seperti panitia tidak profesional, pakai duit, harus ada yang bawa, dan lain-lain.
  2. Usaha Optimal
    Dengan usaha maka peluang lulus menjadi CPNS juga menjadi lebih besar. Di samping itu jika gagal pada tes CPNS pertama, maka ada lowongan kerja CPNS berikutnya pada masa yang akan datang. Semakin sering ikut tes soal CPNS, maka akan lebih terlatih untuk menghadapi test CPNS.
  3. Belajar
    Untuk menyelesaikan soal ujian CPNS, tidak ada kata lain selain BELAJAR. Tidak dengan SKS (Sistem Kebut Semalam) namun belajar harus sebulan atau beberapa minggu sebelum tes CPNS. Jangan ragu untuk membeli dan mempelajari soal ujian CPNS yang biasanya banyak dijual. Atau Anda bisa belajar secara interaktif soal CPNS dengan KLIK DI SINI.
  4. Lakukan Persiapan Teknis
    Jangan sampai hal-hal sepele membuat repot saat ujian CPNS berlangsung, misalnya terlambat hadir. Oleh karena itu Anda dapat survey lokasi ujian sehari sebelumnya dan hadir lebih awal agar dapat memastikan tempat duduk Anda sesuai nomor ujian. Selain itu alat-alat tulis juga harus dipersiapkan dengan lengkap (Bolpoin, pensil, penghapus, rautan, papan alas, dll) dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik terutama pensil 2B (komputer). Hal yang penting juga adalah harus memperhitungkan waktu yang tersedia. Kalkulasikan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 1 buah soal.
  5. Mohon Pertolongan ALLAH
    Langkah terakhir adalah mohon pertolongan ALLAH dengan memanjatkan doa. Berdo’a sebelum hari pelaksanaan test CPNS dan beberapa saat akan mengerjakan soal ujian CPNS. Waktu terbaik untuk berdo’a adalah sepertiga malam terakhir, saat sujud, antara azan dan iqomat, antara dua khutbah, saat berpuasa, dll)

Tagged with:

Filed under: Pengetahuan UmumTarbiyahTsaqofah

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!