“Salam Hormat. Sy tawarkan Jasa “KREDIT tnp@Jaminan Rp100-250jt.1,35%FlateRate/b In.syrt:fc KTP&fc KARTU KREDIT. Jk Minat bs tlp/sms di No HP: 083806090708. Tx. Dodi”

“PELUANG USAHA: miliki Rahasia Mendulang Emas+Perak dr Sampah Elektronik 200rb (CD+VCD+Buku Panduan) Praktek Mudah+Lengkap, SMS EMAS,nm,almt,kdpos 081216656656”

“Slamat pagi. mimpi apa kamu semalam, apa artinya? ketik: Mimpi (spasi) mimpimu, contoh: mimpi ketemu ular kirim ke 6768. siapa tau dpt hp IMO TV. lihat tab.PULSA.”

Maaf, baru dikabarin. Rumah yg Anda tempati skrng sudah saya jual, klu kontrakannya masih mau di terusin? silahkan Hub pemilik Pak HERMANSYAH di No 085351111755;

Itulah beberapa sms pengganggu dan penipu yang pernah saya terima. Bukan sekali dua kali tetapi berkali-kali. Baik dengan penawaran yang sama maupun penawaran lainnya berupa tiket pesawat, tour, dll.

Benar gak ya…. WaLLAAHU A’lam… Bisa benar karena memang itu bentuk promosi yang meraka lakukan tapi bisa juga tidak yang bermaksud merugikan sang penerima sms atau sms pengganggu.

Dari tulisan di atas, tips catatan harian Abdillah agar tidak tertipu oleh sms pengganggu adalah:

  1. Baca isi SMS dengan kewaspadaan tinggi, bila menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal;
  2. Jangan iseng merespon jika kita tidak membutuhnkannya. Ingat….! Perbuatan iseng kita akan mengakibatkan orang lain iseng juga kepada kita;
  3. Jika memang sms yang masuk sesuai dengan kebutuhan yang sedang kita cari, jangan mudah percaya atau tergiur dengan bahasa-bahasa promosi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang sedang kita butuhkan tersebut.
  4. Bila isinya bernada provokatif, mengintimidasi, berita bohong (misal: anggota keluarga mengalami kecelakaan). Tetap waspada dan jangan panik, lebih baik ambil posisi duduk terlebih dulu dan ambil nafas.Cek dulu kebenaran isi SMSnya, tapi jangan menghubungi nomor pemberi SMS dan jangan gunakan handphone yang berisi SMS berita tersebut, ataupun menggunakan telepon rumah. Karena biasanya para penipu itu sudah mengacaukan sinyal handphone dan telpon rumah. Pergilah ke tetangga terdekat, mintalah tolong untuk membantu mencari tahu kebenaran isi SMS.

Demikian semoga catatan ini membawa manfaat buat kita semua dan terhindar dari sms pengganggu yang bermaksud menipu kita. Aamiin….

Filed under: Pengetahuan Umum

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!