Kejahatanduniamaya-facebookkenahackHATI-HATI dalam memberikan informasi di dunia maya. Mungkin maksud kita baik, yaitu agar dapat berkenalan dengan banyak orang dan orang lain dapat mengenal kita dengan mudah. Tapi… ada juga mereka yang menggunakan data-data pribadi dari dunia maya untuk keperluan tertentu, termasuk untuk kejahatan. Bahkan untuk situs sekelas Google saja didenda 100 Ribu Euro karena dianggap telah mencuri data dari jaringan WiFi secara ilegal ketika sedang memetakan rute-rute jalan untuk layanan Google Street View (Republika).

Pada tahun 2011 pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 25 juta dan sebanyak 64% pemakai internet adalah remaja berusia 15 s.d. 19 tahun.  Komisi Nasional Perlindungan Anak menyebutkan mereka telah menerima 100 laporan anak hilang yang diduga akibat aktivitas pada jaringan pertemanan di situs jejaring sosial. Nah lho…. Tahukah Anda bahwa dari Januari sampai pertengahan Februari 2012 terdapat sekitar 36 kasus terkait Facebook. Sebagian besar kasus tersebut adalah kasus pelampiasan kebutuhan biologis dan penjualan seksual komersial (Hidayatullah). Kejahatan dunia maya, sungguh merupakan kenyataan saat ini.

Mengerikan yaa…

Maka hati-hati buat temen-temen yang memberikan biodatanya secara “terbuka” pada jejaring sosial. Apalagi jejaring sosial dijadikan sebagai tempat berkeluh kesah, bercanda, mengumumkan keadaan dirinya, dan buka-bukaan aib diri sendiri maupun orang lain. Na’uzubiLLAAH

Pada catatan harian kali ini saya tidak ingin membahas cara terhindar dari efek negatif (kejahatan secara fisik) jejaring sosial, tetapi saya hanya ingin berbagi Tips cara memulihkan kembali account facebook Anda jika terkena kejahatan dunia maya, yaitu facebook kena hack.

Apabila Anda menemui kondisi tidak dapat login dari facebook dan account Anda tiba-tiba menghilang dari pertemenan dengan teman Anda, itu berarti sedang ada yang mencoba masuk ke Account Anda. Facebook akan memunculkan pesan “Someone May Have Accessed Your Account”.

Maka langkah utama yang harus dilakukan berdo’alah, pasti ALLAH mengabulkan. Baru setelah itu langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk terhindar dari kejahatan dunia maya, facebook kena hack adalah:

  1. Pada pesan “Someone May Have Accessed Your Account” klik “Continue“. 
  2. Akan muncul pertanyaan “How Were You Hacked?” Maka Anda diminta untuk memilih salah satu jawaban. Pilihlah “I don’t know” kemudian klik “Submit“.
  3. Kemudian  “Create a Unique Password” yaitu Anda diminta untuk memasukkan password baru. Kemudian klik “Submit“.
  4. Review Your Emails” yaitu Anda diminta untuk melihat kembali email yang Anda gunakan. Kemudian klik “Submit“.
  5. Are You Sure This Email is Secure?” yaitu memastikan bahwa email yang Anda pakai untuk login facebook aman. Klik “Continue“.
  6. Review Your Aplications“, pastikan kembali keamanan aplikasi yang terinstal pada facebook Anda. Kemudian klik “Continue“.
  7. Review Your Page” pastikan kembali keamanan page yang ada pada facebook Anda. Kemudian klik “Continue“.
  8. Account Unlocked – Now You Can log In” Kini informasi akun Anda telah  diperbaiki. Akun Anda tidak terkunci dan informasi Anda telah dipulihkan. Kemudian Klik “Log In

Semoga catatan ini bermanfaat dalam memulihkan account facebook Anda.

Facebook tidak hanya berdampak negatif bagi para penggunanya. Namun ia juga dapat dijadikan sarana memperoleh kebaikan sebanyak-banyaknya. Banyak page atau group yang berisi ilmu, hikmah, hadits, sejarah, dll. Salah satu contohnya adalah page Gerakan Cinta Rasul (GETAR).

Filed under: facebookInternetPengetahuan UmumTsaqofah

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!