Kata sambutan menyambut kedatangan jemaah haji di embarkasi

Jemaah Haji saat akan menaiki bus di Makkah

Semenjak pindah tugas ke tempat baru, kesibukan bertambah. Semoga hal tersebut tidak menjadi penghambat untuk memposting Catatan Harian Abdillah MT.

Walaupun sudah sangat lama tidak update konten (terakhir tulisan Assembly 3A), semoga blog ini tetap membawa manfaat. Kali ini saya posting naskah pidato untuk menyambut kedatangan jemaah haji di embarkasi.

Sambutan ini telah dibacakan oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri pada acara sambutan penerimaan kedatangan jemaah haji Indonesia kloter terakhir di Asrama Haji Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berikut sambutan saat menerima kedatangan jemaah haji di embarkasi.

 

Assalaamu’alaikum wr.wb.

Yth. Bpk. Gubernur Nusa Tenggara Barat

Yang kami hormati:

  1. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Barat;
  2. Kepala Asrama Haji Lombok;
  3. Ketua Kloter, TPIHI, TKHI, TPHD;
  4. Bpk/Ibu Para jemaah haji; dan
  5. Para hadirin yang berbahagia.

Marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Alhamdulillah dengan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam acara penyambutan kedatangan jemaah haji kloter terakhir Embarkasi Lombok tahun 1437H/2016M. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Aamiin.

Bpk/Ibu serta hadirin yang kami hormati.

Kami ikut merasa gembira dan bangga karena Bpk/Ibu yang menunaikan ibadah haji ke tanah suci telah hadir di tanah air, kembali dengan selamat dan dalam keadaan sehat wal’afiat. Harapan kami, semoga Bpk/Ibu semua menjadi haji yang mabrur. Karena tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali syurga. Dan terlebih penting lagi, semoga nilai-nilai rangkaian manasik haji selama di tanah suci dapat menghiasi seluruh aktivitas Bpk/Ibu sehari-hari dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Aamiin.

Bpk/Ibu dan hadirin yang kami hormati.

Tentunya banyak pengalaman baru yang dirasakan selama menjalankan ibadah haji. Baik pengalaman dalam beribadah, pengalaman saat berinteraksi dengan lingkungan sosial yang baru, maupun pengalaman dalam menerima pelayanan dari pemerintah Indonesia. Pengalaman tersebut akan membawa kesan dan menjadi bahan cerita bagi sanak keluarga, sahabat, dan teman. Hal tersebut akan menjadi ladang amal shaleh yang tidak akan putus, jika pengalaman yang diceritakan adalah hal-hal yang baik dan positif. Dengan harapan supaya kaum muslimin yang belum menunaikan rukun Islam ke lima ini, mendapat bekal pengetahuan dalam ibadah haji dari pengalaman Bpk/Ibu, sehingga kelak akan memperlancar jalannya pelaksanaan ibadah haji pada masa yang akan datang.

Bpk/Ibu dan hadirin yang kami hormati.

Kami mewakili Pemerintah Indonesia, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bpk/Ibu yang tergabung dalam kloter ini khususnya dan seluruh jemaah haji Indonesia pada umumnya. Sehingga penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1436H/2016M berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala yang berarti. Karena salah satu faktor kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji adalah peran serta aktif jemaah haji dalam mentaati peraturan yang telah ditetapkan baik oleh pemerintah Arab Saudi maupun pemerintah Indonesia selama penyelenggaraan ibadah haji.

Kami pun menyampaikan permohonan maaf, apabila dalam pelayanan yang kami berikan kepada jemaah haji Indonesia, khususnya pelayanan pemondokan, konsumsi, dan transportasi darat di Arab Saudi masih terdapat kekurangan. Saran dan masukan Bpk/ibu sangat kami harapkan untuk perbaikan penyelenggaraan ibadah Haji pada masa yang akan datang.

Bpk/Ibu dan hadirin yang kami hormati.

Selanjutnya kami sangat bangga dan kami ucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah pada Embarkasi Lombok dan seluruh pihak yang telah berupaya mencurahkan tenaga, waktu, dan fikirannya dalam mensukseskan penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1436H/2016M. Semoga apa yang Bpk/Ibu lakukan dalam melayani tamu-tamu Allah mendapat ganjaran kebaikan yang banyak dari Allah SWT. Aamiin.

Tagged with:

Filed under: HajiKhutbahTarbiyahTsaqofah

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!